Tetep Edu - Silabus Matematika Wajib Kelas X
Assalamualaikum wr.wb
Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan sebagai seorang guru. kali ini tetep edu berbagi terkait dengan silabus matematika wajib kelas 10
SILABUS
- KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
- KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya. |
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak
|
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable |
||
3.2.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable |
Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional |
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan irrasional |
4.2.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable |
||
3.3.
Menyusun system persamaan
linear tiga variable dari masalah kontekstual |
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Penerapan Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel |
· Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai. · Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel. · Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear tiga variabel · Mengomunikasikan
proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel |
4.3.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan system persamaan
linear tiga variable |
||
3.4.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel
(linear - kuadrat dan kuadrat-kuadrat) |
Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) |
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva
persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar. ·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang
sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan
dua variabel ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) ·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) |
4.4.
Menyajikan dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat |
||
3.5.
Menjelaskan dan menentukan fungsi
(terutama fungsi
linear, fungsi kuadrat,
dan fungsi rasional)
secara formal yang meliputinotasi, daerah asal, daerah hasil,
dan ekspresi simbolik,
serta sketsa grafiknya |
Fungsi -
Relasi dan Fungsi -
Operasi Aritmetika -
Komposisi Fungsi -
Fungsi Linear -
Fungsi Kuadrat -
Fungsi Rasional -
Fungsi Invers |
· Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal,
daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik
yang mendefinisikannya serta mendiskusikan hubungan
yang teridentifikasi dengan menggunakan berbagai representasi bersama temannya. · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual
yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi · Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi
invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi
invers suatu fungsi · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
fungsi |
4.5.
Menganalisa karakteristik masing
– masing grafik
(titik potong dengan sumbu,
titik puncak,
asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi
f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb |
||
3.6.
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada fungsi
invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya |
||
4.6.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi
invers suatu fungsi |
||
3.7.
Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku |
Trigonometri -
Pengukuran Sudut -
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku -
Sudut-sudut Berelasi -
Identitas Trigonometri -
Aturan Sinus dan Cosinus -
Fungsi Trigonometri |
· Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada
radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut,
serta hubungannya · Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan
radian atau derajat · Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku. · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku · Mencermati
dan mengidentifikasi fakta
pada rasio trigonometri untuk
sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian
membuat generalisasinya · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan
dengan rasio trigonometri
sudut-sudut di berbagai kuadran
dan sudut-sudut berelasi · Mengamati
dan mengidentifikasi hubungan antara rasio trigonometri yang membentuk
identitas dasar trigonometri. · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian
identitas trigonometri · Mengamati
dan mengidentifikasi fakta
pada aturan sinus dan cosinus
serta masalah yang
terkait · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan
kosinus. · Mencermati
dan mengidentifikasi fakta
pada grafik fungsi yang dibuat dengan menggunakan
lingkaran satuan · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untuk membuat seksa
grafik fungsi trigonometri · Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri |
4.7.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku |
||
3.8.
Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi |
||
4.8.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi |
||
3.9.
Menjelaskan aturan sinus
dan cosinus |
||
4.9.
Menyelesaika nmasalah yang
berkaitan dengan aturan
sinus dan cosinus |
||
3.10.
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan |
||
4.10.
Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi
y = a sin b (x
+ c) + d. |
Mengetahui Kepala,
...................................... NIP.
|
Sumedang, 5 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran,
.................................. NIP.
|
0 Comments