PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER CLUB MATEMATIKA
MA NEGERI 2 SUMEDANG
TAHUN 2021
DI SUSUN OLEH :
Team Club Math
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH
ALIYAH NEGERI 2 SUMEDANG
Jalan Angkrek Situ No. 38 Kel. Situ Kec.
Sumedang Utara
Kab. Sumedang
2021
KATA PENGANTAR
Segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga kami telah dapat
menyelesaikan penyusunan Program Kerja Ekstrakurikuler Club Matematika untuk Tahun 2021.
Program
Kerja ini kami jadikan pedoman dan pegangan dalam rangka menjalankan tugas
dengan baik, sehingga tujuan yang direncanakan dapat terlaksana sesuai yang
direncanakan.
Penyusunan
program ini masih ada kekurangan seperti pepatah mengatakan “Tak Ada Gading
Yang Tak Retak”, maka apabila program ini terdapat berbagai kekurangan kami pun
berharap uluran kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak
demi kesempurnaan program ini.
Akhir
kata mudah-mudahan Program Kerja Ekstrakurikuler Club Matematika MA Negeri 2 Sumedang
Tahun 2021 dapat bermanfaat khususnya bagi kami sebagai penyelenggara dan dunia
pendidikan pada umumnya.
Penyusun,
LEMBAR
PENGESAHAN
PROGRAM
KERJA
EKSTRAKURIKULER
CLUB MATEMATIKA
TAHUN
2021
Mengetahui, Wakamad Kesiswaan
Darsono,
S.Ag NIP. |
Sumedang,
15 Juli 2021
Pembina Club Math
Tetep
Heri, S.Pd NIP. |
Mengesahkan, Kepala MA Negeri 2 Sumedang
Drs.
H. Ma'mun Khoer, M.Ag NIP. |
Kegiatan
ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di
kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk
pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat dalam
pengembangan minat dan bakat siswa pada kegiatan tertentu. selain itu,
pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian madrasah pada
siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat.
Para siswa
SMA/SMK/MA adalah anak yang sedang dalam masa peralihan dari pribadi seorang
anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua
dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka
tampak lebih emosional dalam menentukan pilihan. Kecenderungan tersebut adalah
mereka mencari kelompok dengan teman yang memiliki kesukaan/minat yang sama.
1.
Tujuan umum
Pengembangan diri merupakan kegiatan
pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum
sekolah. Selain Kegiatan pengembangan diri yang dimaksud upaya pembentukan
watak dan kepribadian siswa/i yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan
konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan
belajar dan mengembangkan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk
pengembangan talenta siswa/i. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Ekstra Club
Math di Madrasah adalah :
a.
Kegiatan ekstra Club Math harus
dapat meningkatkan kemampuan siswa baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
b.
Mengembangkan bakat dan minat siswa
dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
c.
Dapat mengetahui mengenal serta
membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainya.
2. Tujuan Khusus
a.
Membentuk Insan Pelajar yang
menguasai ilmu Matematika dan mampu bersaing dengan insan pelajar lain serta
bermanfaat bagi masyarakat
b.
Pengembangan diri yang berlandaskan
ahlakul karimah dengan bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam
mengembangkan :
1)
Bakat
2)
Minat
3)
Kreatifitas
4)
Kompetensi dan Kebiasaan dalam
Kehidupan
5)
Kecakapan Sosial
6)
Kecerdasan Emosional
7)
Kompetensi Psikomotor
8)
Wawasan Dan Pengembangan Budaya Nusantara
9)
Kemampuan Pemecahan Masalah
10)
Kemandirian
C. Jadwal Kegiatan Ekstrakurikuler Club Math
Terlampir
D. Daftar Anggota Ekstrakurikuler Club Math
Terlampir
BAB II
MATERI DAN RENCANA TARGET PENCAPAIAN
A. Rencana Target Pencapaian
1. Peserta didik mampu mengembangkan
kemampuan Matematikanya sehingga berkontribusi besar terhadap pemahaman materi
di kelasnya.
2. Peserta didik mampu
meyelesaikan soal–soal olimpiade (KSM/KSN) Matematika tingkat Kabupaten sampai
tingkat Nasional.
3. Peserta
didik mampu meyelesaikan soal-soal Psikotest untuk masuk
b. TNI/POLRI
c. Perguruan
Tinggi
d. Perusahaan/Dunia
Kerja
B. Materi
Materi yang diberikan sesuai dengan
silabus olimpiade Matematika Indonesia.
1.
Aljabar:
a. Sistem bilangan real
-
Himpunan bilangan real dilengkapi dengan operasi tambah dan
kali beserta
sifat-sifatnya.
-
Sifat urutan (sifat trikotomi, relasi lebih besar/kecil dari,
beserta sifat-sifatnya)
b. Ketaksamaan
-
Penggunaan sifat urutan untuk menyelesaikan soal-soal
ketaksamaan.
-
Penggunaan sifat bahwa kuadrat bilangan real selalu non
negatif
untuk menyelesaikan soal-soal ketaksamaan.
-
Ketaksamaan yang berkaitan dengan rataan kuadratik, rataan
aritmatika, rataan geometri, dan rataan harmonik.
c. Nilai mutlak
-
Pengertian nilai mutlak dan sifat-sifatnya
-
Aspek geometri nilai mutlak
-
Persamaan dan ketaksamaan yang melibatkan nilai mutlak
d.
Sukubanyak (polinom)
-
Algoritma pembagian
-
Teorema sisa
-
Teorema faktor
-
Teorema Vieta (sifat simetri akar) - Fungsi
-
Pengertian dan sifat-sifat fungsi
-
Komposisi fungsi
-
Fungsi invers
e.
Sistem koordinat bidang
-
Grafik fungsi
-
Persamaan dan grafik fungsi irisan kerucut (lingkaran,
ellips, parabola, dan hiperbola)
f.
Barisan dan deret
-
Suku ke-n suatu barisan
-
Notasi sigma
g.
Persamaan dan sistem persamaan
-
Penggunaan sifat-sifat fungsi untuk menyelesaikan persamaan
dan sistem persamaan
-
Penggunaan ketaksamaan untuk menyelesaikan persamaan dan
sistem
persamaan
2.
Geometri:
1.
Hubungan antara garis dan titik
2.
Hubungan antara garis dan garis
3.
Bangun-bangun bidang datar
-
Segitiga
-
Segiempat
-
Segibanyak beraturan
-
Lingkaran
4. Kesebangunan dan kekongruenan
-
Sifat-sifat segitiga: garis istimewa (garis berat, garis
bagi, garis tinggi, garis sumbu)
-
Dalil Menelaus
-
Dalil Ceva
-
Dalil Stewart
5. Relasi lingkaran dengan titik
-
Titik kuasa (power point)
-
Relasi lingkaran dengan garis:
a. Bersinggungan
b. Berpotongan
c. Tidak berpotongan
-
Relasi lingkaran dengan segitiga:
a. Lingkaran dalam
b. Lingkaran luar
-
Relasi lingkaran dengan segiempat:
a. Segi empat tali busur (beserta
sifat-sifatnya)
b. Dalil Ptolomeus
-
Relasi lingkaran dengan lingkaran:
a. Dua lingkaran tidak beririsan: baik
salah satu di dalam atau di luar yang lain
b. Dua lingkaran beririsan di satu
titik (bersinggungan): dari dalam atau dari luar
c. Dua lingkaran beririsan di dua titik
d. Lingkaran-lingkaran sepusat
(konsentris)
-
Garis-garis yang melalui satu titik (konkuren), titik-titik
yang segaris
(kolinier)
-
Trigonometri (perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas)
-
Bangun-bangun ruang sederhana
3.
Kombinatorika:
1. Prinsip pencacahan
-
Prinsip penjumlahan
-
Prinsip perkalian
-
Permutasi dan kombinasi
-
Penggunaan prinsip pencacahan untuk menghitung peluang suatu
kejadian
2. Prinsip rumah merpati (pigeonhole
principle, prinsip Dirichlet)
3. Prinsip paritas
4.
Teori bilangan:
1. Sistem bilangan bulat (himpunan
bilangan bulat dan sifat-sifat operasinya)
2. Keterbagian (pengertian, sifat-sifat
elementer, algoritma pembagian)
3. Faktor persekutuan terbesar dan
kelipatan persekutuan terkecil, relatif prima, algoritma Euklid
-
Bilangan prima
-
Teorema dasar aritmatika (faktorisasi prima)
- Persamaan dan sistem persamaan bilangan bulat
- Fungsi tangga
BAB III
PENUTUP
Demikianlah gambaran rencana program
kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi acuan dalam melaksanakan
langkah-langkah kegiatan ekstrakurikuler Club Matematika, sehingga perkembangan
kegiatan ini akan lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan Dengan di
sertai bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak
langsung semoga rencana kegiatan ini akan dapat terlaksana dengan baik dan
tentu saja hasil akhirnya akan mencapai tujuan yang telah di tentukan serta
dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
0 Comments