Mata
pelajaran : Matematika Sekolah : MAN 2 Sumedang Kelas/Semester : X / Ganjil |
KD : 3.1; 4.1 Materi : Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Alokasi
Waktu : 2 pertemuan (4 x 45 menit) |
Tujuan
Pembelajaran |
Peserta didik
dapat menjelaskan
metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagian dengan SPL dan Nilai Mutlak dan menggunakan metode pembuktian SPL
dan Nilai Mutlak untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan,
ketidaksamaan, keterbagian |
Kegiatan
Pembelajaran |
Kegiatan Pendahuluan |
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran pertemuan hari ini. · Membuat
apersepsi mengenai tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
linear satu variabel |
Kegiatan Inti |
Pertemuan
1 ·
Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumus kanpersamaan dan/atau
pertidaksamaan linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak yang sesuai. ·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan/atau pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat nilai mutlak. ·
Menafsirkan
dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. ·
Mengomunikasikan
proses dan hasil pemecahan masalah Pertemuan 2 ·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel yang memuat nilai mutlak ·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat nilai mutlak |
|
Refleksi dan konfirmasi |
· Merefleksi
kegiatan pembelajaran. · Menginformasikan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. · Meminta
peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan (penumbuhan karakter dan
budaya disiplin). · Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap
semangat belajar dan · diakhiri
dengan berdoa. |
Penilaian |
||
Pengetahuan a. Pada setiap akhir pertemuan diberikan post
test untuk mengukur pengetahuan apakah siswa mampu mengintepretasi persamaan
dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel pada
persoalan di tiap pertemuan. b. Diberikan tes tertulis untuk mengukur
pengetahuan siswa, mampu mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya |
Keterampilan a. Pada setiap akhir pertemuan diberikan post
test untuk mengukur keterampilan apakah siswa mampu menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak pada
persoalan di tiap pertemuan. b. Diberikan tes tertulis untuk mengukur
keterampilan siswa, mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable |
Sikap Dengan
observasi, dilakukan penilaian sikap setiap siswa baik dalam individu ataupun
kelompok |
Mengetahui Kepala MAN 2 Sumedang, ............................................. NIP. |
Sumedang, 5 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran, ............................................. NIP. |
0 Comments